oleh

Desa Sumber Arum Kampung Tangguh Nusantara di Lampung Utara

Lampung Utara (RL) – Desa Sumber Arum Kecamatan Kotabumi di launching sebagai Kampung Tangguh Nusantara untuk pencegah dan menanggulangi Covid-19.
Launching kampung tangguh nusantara itu oleh Plt Bupati Lampung Utara H. Budi Utomo, SE., MM., bersama Dir Binmas Polda Lampung Kombes Pol Anang Triarsono, S.I.K, M. Si., Kapolres Lampung Utara AKBP Bambang Yudho Martono, S.I.K, M. Si., berlangsung, Rabu (15/7/2020).
Acara itu juga dihadiri oleh Wadir Binmas AKBP Sukandar, Dandim 0412/LU diwakili Pa Sandi Letda Santoso, PJU Polres Lampung Utara, Camat Kotabumi Nujum Masya, yang disambut hangat oleh Kades Sumber Arum, Gabriel Bintoro bersama toko dan masyarakat setempat.
Pada acara itu rombongan Plt Bupati bersama Dir Binmas Polda Lampung dan Kapolres melakukan pengecekan ke titik-titik elemen pendukung Kampung Tangguh Nusantara. Lalu acara dilanjutkan dengan pengguntingan pita tanda di launchingnya kampung tangguh nusantara oleh Dir Binmas Polda Lampung bersama Kapolres dan Plt Bupati Lampung Utara. 
Pada kesempatan itu, Dir Binmas Polda Lampung Kombes Pol Anang Triarsono, S.I.K, M. Si. mewakili Kapolda Lampung Irjen Pol Drs. Purwadi Arianto, M.Si mengatakan, dengan di launching Kampung Tangguh Nusantara itu di Lampung Utara ada percontohan bagaimana untuk menyusun formasi berkaitan dengan Kampung Tangguh Nusantara untuk di rumah – rumah warga.
Dirumah-rumah warga harus hidup sebagaimana kondisi kita saat ini disamping kita harus beraktifitas secara umum di satu sisi masih ada masalah wabah covid 19.
“Oleh karena itu kita harus tangguh, bukan hanya kesehatan tapi tangguh pangan, tangguh ekonomi, tangguh segalanya sehingga masyarakat hidup dengan kemandirian masing-masing,” kata Kombes Pol Anang.
Sementara itu Kapolres Lampung Utara Kapolres Lampung Utara, AKBP Bambang Yudho Martono, S.I.K, M. Si. menjelaskan dibentuknya Kampung Tangguh Nusantara tersebut untuk menciptakan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi berbagai situasi.
“Jadi kampung ini yang kita pilih, Insya Allah kampung atau Desa Sumber Arum ini sebagai contoh sehingga mudah- mudahan menjadi contoh kampung lainnya, dan mudah-mudahan Desa yang lain bisa mengikuti program ini,” kata AKBP AKBP Bambang Yudho Martono.
Plt Bupati Lampung Utara H. Budi Utomo, SE., MM., menyatakan, dibentuknya Kampung Tangguh Nusantara (KTN) gunanya untuk menciptakan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi berbagai situasi.
“Masyarakat di kampung ini diharapkan menjadi tangguh dalam bidang kesehatan, sosial ekonomi, keamanan, transportasi dan komunikasi serta informasi terutama dalam menghadapi pandemi covid-19,” ujar Plt Bupati Budi Utomo. 
Lanjutnya, semoga Kampung Panca Karsa Purna Jaya yang hari ini telah diresmikan sebagai Kampung Tangguh Nusantara bisa menjadi contoh untuk kampung-kampung lainnya yang ada di Kabupaten Lampung Utara.
Plt Bupati memberikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu untuk mewujudkan Desa Sumber Arum menjadi Kampung Tangguh Nusantara dan berkomitmen menjadi yang terdepan di Kabupaten Lampung Utara. Hal ini didukung dengan berbagai keunggulan dan potensi yang ada di desa tersebut.
“Saya sebagai Plt Bupati Lampung Utara mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak, terutama dari aparatur Desa Sumber Arum yang telah sangat aktif mendukung Pemerintah Daerah guna mewujudkan kampung ini menjadi Kampung Tangguh Nusantara,” kata Budi Utomo.
Rasa bangga dan bersyukur serta ucapan serta penghargaan juga disamapikan Plt Bupati Budi Utomo kepada jajaran Kepolisian Republik Indonesia yang telah bersinergi dengan pemerintah daerah setempat dalam memerangi covid-19 melalui berbagai peningkatan ketahanan diantaranya ketahanan keamanan, ketahanan kesehatan dan ketahanan perekonomian. (***) 

Komentar