Tokoh Masyarakat Sumbang Saran untuk New Normal, Covid-19 Masih Berjangkit

A. Akuan Abung, SE, gelar Nadikiyang Pun Minak Yang Abung.

Realita Lampung – Sebagai wujud dukungan kepada Pemerintah yang telah memulai tatanan baru atau cara hidup baru (new normal) ditengah pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19) yang masih berjangkit, tokoh masyarakat mengajak seluruh elemen bisa tetap terus mengikuti imbauan dan mentaati peraturan pemerintah. 

Sebagaimana dikatakan, A. Akuan Abung, SE, gelar Nadikiyang Pun Minak Yang Abung selaku tokoh masyarakat juga tokoh Adat Lampung Abung yang menyatakan. “Semua itu bisa terwujud dengan kerjasama dari kita semua sebagai elemen masyarakat. Salah satunya dengan tetap mengikuti imbauan-imbauan dan peraturan yang diberlakukan oleh pemerintah melalui Satgas penanganan Covid-19,” ujarnya, Senin 17 Agustus 2020. 
Penyataan itu disampaikan, A Akuan Abung ketika dimintai tanggapannya terkait harapan masyarakat agar tidak ada tebang pilih atau prioritas terhadap korban yang telah dinyatakan positif terpapar Covid-19 dari hasil pemeriksaan swab yang dilaksanakan Labkesda Provinsi Lampung.
“Dibutuhkan kesadaran diri, karena wabah ini tidak kelihatan, dan virus ini sangat cepat menyebarnya,” kata A Akuan Abung. 
Sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan masyarakat yang taat akan peraturan atau hukum yang berlaku, lanjutnya, dalam memberikan dukungan sebagai wujud dari perjuangan, di momen peringatan HUT RI ke 75 Tahun 2020 ini karena masih ditengah pandemi Covid-19, dia mengajak untuk bersama-sama berjuang melawan penyebaran coronavirus yang masih mewabah di dunia saat ini dengan cara mentaati peraturan yang diberlakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.
“Jika sudah dinyatakan positif, ya karantina di tempat yang sudah disediakan atau mengisolasi diri secara mandiri dengan mengikuti disiplin, dan gugus tugas bersama keluarga juga harus tetap mengawasi, jangan sampai lengah,” ungkapnya, menanggapi hasil pemeriksaan swab beberapa hari lalu dan dinyatakan ada lima orang yang terkonfirmasi positif Sars Cov-2 (Covid-19). 
Diharapkannya, Satgas Penanganan Covid-19 juga tidak tebang pilih dan terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait dan masyarakat secara luas dengan terus melakukan sosialisasi tentang berbagai larangan dan apa yang tidak boleh dilakukan ditengah pandemi saat ini. Karena semenjak ditetapkannya masa new normal penyemprotan disinfektan juga sudah tidak lagi digalakkan. Bahkan cairan handsanitizer sebagai penganti cuci tangan menggunakan sabu pun sudah jarang dipergunakan sebagian masyarakat.
Untuk itu, A Akuan Abung gelar Nadikiyang Pun Minak Yang Abung tokoh Adat Lampung Abung tersebut mengajak seluruh elemen untuk terus bersama-sama mengingatkan kepada sesama bisa terus menjaga jarak atau physical distancing, menggunakan masker ketika keluar rumah, menghindari kerumunan dan tetap mematuhi peraturan yang diberkakukan.
“Yang terpenting itu menciptakan kesadaran diri, kita tentunya sangat menyayangi dan mencintai keluarga kita, maka kita harus bisa bersama melawan wabah ini,” pungkasnya. (***)
• Penulis : Redaksi 01

Komentar