oleh

Tingkatkan Kemampuan, Personil Samapta Polres Lampung Tengah Giat Latihan Dalmas

Tingkatkan ketrampilan dalam pengendalian massa dan profesionalitas personil saat bertugas serta mengantisipasi terjadinya kerawanan ketertiban dan kenyamanan masyarakat (Kamtibmas) Satuan Samapta Polres Lampung Tengah gelar latihan pengendalian massa.

Kegiatan pelatihan kompi kerangka pengendalian massa (Dalmas) ini diikuti oleh personil Ton Kerangka Satuan Samapta Polres Lampung Tengah Polda Lampung dan kegiatan berlangsung pada, Kamis (24/08/2023).

Sebelum dilaksanakan pelatihan kerangka kompi dalmas para personil mendapat arahan dan teori dasar yang di pimpin oleh Kapolres Lampung Tengah AKBP Andik Purnomo Sigit, S.H., S.I.K., M.M. Pelatihan ini kita libatkan personil gabungan diantaranya meliputi bag, sat, sie serta personil jajaran polsek guna meningkatkan ketrampilan dalam menghadapi massa.

“Latihan ini kami berikan enam materi dalam hal pengendalian massa diantaranya, Dalmas lanjut disesuaikan dengan peragaan formasi Dalmas diantaranya, sikap Siaga, Sikap tempur, Dorong maju, Desak maju, Sikap berlindung dan Sikap Dorong maju,”Ujar Kasat Samapta .

Pelatihan ini juga membentuk ketrampilan dan membentuk fisik yang prima kepada personil Polres Lampung Tengah jelang menghadapi pemilihan kepala daerah dan Pemilu tahun 2024 secara serentak di wilayah Kabupaten Lampung Tengah guna mencegah segala gangguan kamtibmas maupun kerawan di tempat pemilihan.

Selain meningkatkan kemampuan, latihan ini juga untuk meningkatkan fisik dan kekompakan dalam melaksnakan pengamanan unjuk rasa guna ciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

”Dengan rutin melaksanakan latihan, kami harapkan setiap anggota selalu siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan.
Kemampuan Dalmas merupakan kemampuan utama bagi setiap anggota,”Ujar AKP Joni.

Kasat Samapta juga menambahkan bahwa setiap personil juga harus paham tahapan – tahapan dalam pengendalian massa sesuai dengan Peraturan Kapolri nomor 16 tahun 2006 tentang Pedoman Pengendalian Massa.

“Sebagai langkah dasar AKP Joni Maputra, S.H, juga memberikan teori serta memperagakan dengan formasi dalmas lanjut di antaranya, Sikap Siaga, Dorong Maju, Desak Maju Sikap Berlindung dan Sikap Dorong Maju,” pungkasnya. (Hms/RD)

Komentar

Realita Lampung