oleh

Warga Way Kanan Penuhi Permintaan Terakhir Almarhum Edward Anthony

Realita Way Kanan – Warga Kampung Ramsay, Kecamatan Way Tuba, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung tengah mempersiapkan prosesi pemakaman Almarhum Edward Anthony di pemakaman keluarga. 
Persiapan prosesi pemakaman orang nomor dua di Kabupaten Way Kanan itu menurut keterangan Kepala Kampung Ramsay, Rasidal atas permintaan Almarhum Edward Anthony sebelum dia meninggal dunia, Minggu 16 Agustus 2020. 
Dikatakan, Rasidal pagi tadi dirinya telah dihubungi oleh Sekretaris Kabupaten Way Kanan, Saipul untuk mempersiapkan proses pemakaman Almarhum Edward Anthony di pemakaman keluarga yang ada di Kampung Ramsay, Kecamatan Way Tuba. 
Rasidal juga menjelaskan alasan permintaan dari Almarhum itu untuk dimakamkan di pemakaman keluarga di Kampung Ramsay, Kecamatan Way Tuba karena berdekatan dengan Bandara Gatot Subroto. Sehingga jika anak dan keluarga ingin ziarah bisa menempuh jalur udara, jelasnya.
Saat ini, lanjutnya, pihak kepolisian setempat dan tim kesehatan juga sudah berada di lokasi rumah duka. Sementara untuk masyarakat masih berada dirumah masing-masing dan hanya orang-orang tertentu yang berada dirumah duka.
“Yang pasti pemakaman beliau akan dilaksanakan dengan SOP (standar operasional prosedur) penanganan jenazah covid-19,” kata Rasidal. 
Sebelumnya, Almarhum Edward Anthony dinyatakan positif terpapar Covid-19, sebagaimana keterangan dari Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung, Reihana dalam konfrensi persnya pada Senin 10 Agustus 2020 lalu. 
Seperti dijelaskan, Anang R selaku Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten setempat. Bahwa pasien 310 di Provinsi Lampung dan P7 di Way Kanan itu pada tanggal 4 hingga 6 Agustsu 2020 mempunyai riwayat perjalanan dari Jakarta dan tanggal 8 Agustus 2020 pasien tersebut mengeluh karena demam, kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan ke Rumah Sakit Umum di Bandar Lampung. 
Dari hasil pemeriksaan atau rapid test didapati pasien 310 Lampung itu dengan hasil reaktif. Selanjutnya dilakukan pengambilan PCR Swab pertama dengan hasil positif Covid-19. 
Kemudian pada, Minggu 9 Agustus 2020, pasien kembali dilakukan pengambilan PCR Swab kedua dengan hasil positif covid-19. Lalu tim gugus tugas melakukan tracing terhadap orang-orang yang pernah kontak erat dengan pasien dan hasilnya ada 6 orang juga terkonfirmasi covid-19. 
Pada hari Jumat 14 Agustus 2020, Jubir Satgas Covid-19 Way Kanan kembali merilis kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Way Kanan menjadi 10 orang dengan ada penambahan 3 orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien 7 atau P7 tersebut. (***) 
Penulis : S Indra 

Komentar