oleh

Dinas PPPA PemkabTulang Bawang Gelar Sosialisasi PPTKPA di Kampung Mekar Jaya

TULANG BAWANG – Melalui Gerakan Perlindungan Perempuan Dan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang, mengadakan Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Tindak Kekerasan Perempuan dan Anak (PPTKPA).

Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Balai Kampung Mekar Jaya, Kecamatan Banjar Baru, Kabupaten Tulang Bawang, Senin (29/05/2023),

Maksud dari digelarnya sosialisasi tersebut menurut Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Tulang Bawang, Dr.Akhmad Suharyo. M. Si ,adalah untuk menyampaikan kepada masyarakat bagaimana tata cara melakukan pencegahan juga penanganan terhadap tindakan kekerasan, terutama bagi perempuan dan anak di bawah usia ataupun yang sudah dewasa.

Kemudian lanjut Suharyo, kepada saudara-saudara sekalian, tolong dekati tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, para usahawan yang ada di masing- masing kampung. Atau paling tidak tempat dimana bapak dan ibu tinggal, untuk menginformasikan bagai mana menciptakan Gerakan Bersama, supaya peduli dengan lingkungan anak dan perempuan.

“Kenapa sih pemerintah sangat sibuk dalam keterlibatanya,dalam rangka mengedukasikan kepada masyarakat? Tidak lain agar supaya masyarakat peduli dengan lingkungannya,” ujarnya.

Masih kata Suharyo, kenapa ini penting sekali ? Karena negara kita dalam pembukaan Undang-undang Dasar Tahun 1945, negara melindungi segenap warga dan tumpah darahnya, negara harus adil, baik negara dalam kacamata tingkat pusat, negara dalam tingkat provinsi sampai negara dalam kacamata tingkat kampung sekalipun.

“Negara harus adil dalam hal pemberian perlindungan,kepada seluruh masyarakat dalam naungan NKRI, “pungkasnya.

Dan pada kesempatan yang sama, Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Tulang Bawang, Iptu Abdullah, menyampaikan akan pentingnya rasa aman, rasa nyaman dalam setiap kesempatan, waktu, tempat dimana kita berada.

“Dalam hal perlindungan terhadap perempuan dan anak,kami dari instansi Kepolisian sangat care, sangat siap, sigap dalam menangani serta melindungi warga masyarakat dalam hal tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak, tanpa pandang bulu,” tutup Iptu. Abdullah.

Hadir pada acara sosialisasi, Nurhayati Kepala Kampung Mekar Jaya ,Camat Banjar Baru, Wayan Wila Rahula Putra S. I. P, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Dr. Akhmad Suharyo M.Si, Kabag Hukum Tulang Bawang Anuari. SH.MH, dari Kementerian Agama Tulang Bawang Mujanul, Kanit PPA polres Tulang Bawang Iptu Abdulah, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan para usahawan setempat. (Samirun)

Komentar

Realita Lampung