oleh

BKAK Gelar Pelatihan dan Sosialisasi di Bidang Hukum dan Perlindungan Kepada Masyarakat

TULANG BAWANG – Badan Kerjasama Antar Kampung (BKAK) Kabupaten Tulang Bawang, menyelenggarakan Pelatihan dan Sosialisasi Kepada Masyarakat di Bidang Hukum dan Perlindungan Kepada Masyarakat se-Kabupaten Tulang Bawang.

Kegiatan berlangsung di Hotel Le’ Man Unit 2, Kampung Tunggal Warga, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang, pada Minggu (05/05).

Hadir pada acara pembukaan acara, Ketua BKAK Tulang Bawang M. Barakah, Kabag Hukum Setdakab Tulang Bawang Anuari, Staff PMK Kabupaten Tulang Bawang Medi, dan 98 peserta pelatihan dari 5 Kecamatan atau 49 Kampung.

Disampaikan Ketua BKAK Tulang Bawang M. Barakah pada saat sambutan pembukaan Pelatihan, bahwa tempat kegiatan pelatihan dan sosialisasi kepada masyarakat dibidang hukum serta perlindungan, kita gelar di Hotel Le’Man Unit Dua.

Pendaftaran peserta dan chekin hotel dibuka pukul 14.30 -17.30 WIB, kemudian pukul 18.30 makan malam, lalu pukul 20.30-21.30 pembukaan dan pelatihan materi tentang Peran Serta LKD.

“Saya ucapkan Selamat Datang, dan Terima Kasih atas kehadirannya kepada para peserta, guna mengikuti Pelatihan ini,” ucap M Barakah.

Sambungnya, ada 49 Kampung dari 5 Kecamatan pada Sesi Pertama ini yang dijadwalkan. Serta dari masing masing Kampung mengirimkan 2 perwakilan yang terdiri dari satu Ketua LPMK dan Satu Ketua Karang Taruna.

“Jadi total peserta sesi pertama pelatihan sebanyak 98 orang,” terangnya.

Kemudian M. Barakah menambahkan, pelatihan malam ini sebagai pembuka, dan besok pagi pada Senin,06-05-2024 adalah ceremoninya. Karena akan dihadiri oleh Pj. Bupati Tulang Bawang dan Kapolres.

Pada waktu yang sama, Kabag Hukum SetdaKab Tulang Bawang, Anuari, memaparan materi kepada para peserta pelatihan tentang, “Peran LKD [ Lembaga Kemasyarakatan Desa, Dalam Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengawasan Pembangunan Kampung atau Desa”.

Dikatakannya, peran serta LKD (Lembaga Kemasyarakatan Desa) yang diadalamnya ada LPMK, RT, RW, Posyandu, Karang Taruna, dan PKK sangatlah penting dalam menampung, menyalurkan aspirasi masyarakat di Kampung. Juga sebagai mitra Kepala Kampung, secara bersama sama memajukan dan membangun Kampung.

“Kepada para LKD yang sudah mengikuti pelatihan ini, semoga bisa memetik manfaatnya serta mengimplementasikan ditengah masyarakat,” pungkasnya. (Samirun)

Komentar

Realita Lampung