oleh

Kemenag Lampung Prioritaskan Pelayanan Haji Lanjut Usia

BANDAR LAMPUNG – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kememag) Lampung mengatakan pada penyelenggaraan haji tahun ini, lebih memprioritaskan pelayanan calon haji yang berusia lanjut (lansia).

“Kami (Kemenag) tahun ini memang fokus kepada pelayanan haji lansia,” kata Kepala Kanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo di Bandarlampung, Sabtu (18/5).

Dia mengatakan, seperti yang dilihat sejak awal penerimaan calon haji di Asrama Haji, Kemenag selalu memberikan pelayanan yang maksimal kepada para lansia.

“Jadi dari mereka datang ke Asrama Haji hingga nanti ke bandara, calon haji lansia kami prioritaskan dan diberikan pelayanan khusus,” kata dia.

Menurutnya, pelayanan khusus kepada calon haji lansia merupakan tugas mulia, karena di usia yang tidak muda lagi mereka masih berkesempatan menunaikan rukuk islam ke lima.

“Maka saya mengajak seluruh petugas dan jamaah haji fokus perhatiannya kepada lansia, anggap saja orang tua kita,” kata.dia.

Dia mengayakan bahwa pada haji tahun ini di Provinsi Lampung kurang lebih 50 persen diisi oleh lansia.

“Jadi berdasarkan umur, jamaah calon haji Lampung berusia lebih dari 60 tahun berjumlah 3.003 orang, usia 50-59 sebanyak 2.458, usia 40-49 tahun sejumlah 1.309, di bawah 40 tahun sebanyak 437,” kata dia.

Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Lampung menyebutkan 7.275 calon haji dari daerah itu sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) hingga 11 Mei 2024.

Dari 7.275 orang yang melunasi Bipih, 7.207 orang yang diberangkatkan melalui Embarkasi Jakarta Pondok Gede pada pelaksanaan haji 2024. (Dian Hadiyatna/Ant)

Komentar

Realita Lampung