oleh

Bupati Buka Tubaba Camp, Kadisdikbud Sebut Ada 5 Tujuan

Tubaba – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) kembali menggelar ‘Tubaba Camp Tahun 2022’.

Tubaba Camp Tahun 2022 ini berlangsung di Uluan Nughik, Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah selama 3 hari, dimulai hari ini Rabu, 18 Mei hingga Jum’at, 20 Mei mendatang.

Kegiatan ini iyalah salah satu program unggulan Disdikbud Tubaba, sepatutnya Tubaba Camp dilaksanakan berkesinambungan setiap tahun, namun sejak adanya pandemi Covid-19 membuat Tubaba Camp sempat terhenti, sehingga baru akan kembali digalakkan tahun ini.

Umar Ahmad, Bupati Tubaba membuka secara langsung Tubaba Camp. Nampak hadir juga dalam kegiatan ini Fauzi Hasan, Wakil Bupati dan Ponco Nugroho Ketua DPRD juga sejumlah tamu.

Budiman Jaya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) mengatakan pihaknya bersama sekolah
sasaran berkolaborasi dalam pelaksanaan Tubaba Camp
melibatkan 52 siswa terbaik dari 26 Sekolah Dasar (SD) se-Tubaba.

“Siswa-siswi yang terpilih mewakili sekolahnya akan mengikuti serangkaian pelatihan dan pembiasaan Tubaba Camp dengan tujuan untuk menumbuh kembangkan karakter Nemen, Nedes, Nerimo (Nenemo) dan berjiwa sederhana, selaras, lestari (SSL),” ujar Budiman melalui siaran persnya.

Nantinya, peserta akan mendapatkan pendampingan dari tim Tubaba Cerdas, Guru Penggerak, dan Guru PNS di bawah bimbingan Disdikbud Tubaba.

“Harapan dari serangkaian kegiatan Tubaba Camp ini adalah Calon Ksatria Nenemo menjadi Ksatria Nenemo yang dapat menjadi teladan bagi teman-teman di lingkungan sekolah dan rumah sebagai anak yang berkarakter Nenemo dan berjiwa SSL,” Harap Budiman.

Tubaba Camp 2022 ini digalakkan tentunya memiliki tujuan yang harus dicapai.

Tujuan-tujuan kegiatan ini iyalah diantaranya :

  1. Menumbuhkembangkan karakter Nenemo-SSLM bagi siswa/siswi Tubaba.
  2. Menumbuhkembangkan kesadaran dan kepekaan siswa terhadap lingkungannya dalam konteks menguatkan pendidikan karakter di Tubaba.
  3. Meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa sebagai teladan tentang mengenal diri, mengenal lingkungan sekitar, dan membiasakan gaya hidup ekologis.
  4. Wahana pengembangan dimensi pengembangan diri bagi pendidik di Tubaba.
  5. Wahana kegiatan pelatihan fasilitasi bagi Pendidik di Tubaba.

Pelaksanaan Tubaba Camp ini juga memiliki landasan dasar, yaitu mengacu pada Peraturan Bupati Nomor 8 Tahun 2019, Tentang Pendidikan Karakter. (ADVETORIAL)

Komentar

Realita Lampung